Senin, 17 Desember 2018

Manajemen dan Organisasi Bisnis



          Secara bahasa atau etimologi manajemen berasal dari bahasa Perancis Kuno yaitu “menagement” yang artinya seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen adalah suatu proses yang dilakukan untuk mencapai sebuah tujuan dengan cara bekerja sama. Dalam penerapannya manajemen memiliki subyek dan obyek. “Subyek” yaitu orang yang mengatur sedangkan “Obyek” adalah orang yang diatur. Manajemen memiliki 5 fungsi utama yaitu Perencanaan (Planning), Mengorganisasi (Organizing), Penempatan (Staffing), Mengkoordinasi (Coordinating), dan Mengontrol (Controlling). Manajemen sangat penting untuk menjalankan suatu badan usaha atau perusahaan karna tanpa adanya manajemen yang baik, badan 3usaha atau perusahaan tidak akan berjalan dengan lancar.
          Organisasi Bisnis adalah suatu organisasi yang melakukan aktivitas ekonomi dan bertujuan untuk menghasilkan keuntungan (profit). Agar bisnis dapat berjalan dengan sukses maka perlu diorganisasikan. Dalam mengorganisasi suatu bisnis tentunya harus memperhatikan unsur-unsur bisnis yang ada. Unsur bisnis yang perlu mendapat perhatian pengusaha yaitu lingkungan bisnis. Lingkungan mempunyai pengaruh besar pada efisiensi dari operasional perusahaan dan kemampuannya untuk memperoleh keuntungan, Untuk itu setiap pemilik dan pemimpin usaha harus memahami keadaan lingkungan dan dampak lingkungan tersebut terhadap perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar